Pimpinan Prodi

PIMPINAN PRODI HUKUM TATA NEGARA (SIYASAH)

Pimpinan Program Studi Hukum Tata Negara (Siyasah) adalah Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi, bertugas antara lain menjalankan fungsi pengelolaan Prodi secara keseluruhan, melaksanakan penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada kepada masyarakat, membina sivitas akademika (dosen & mahasiswa) serta membina hubungan dengan alumni, baik di lingkungan fakultas dan masyarakat.

Ketua Prodi diangkat/diberhentikan oleh Rektor untuk masa jabatan 5 tahun, setelah melalui proses pemilihan yang diadakan baik di tingkat fakultas maupun universitas. Berikut ini adalah susunan Pimpinan Program Studi Hukum Tata Negara (Siyasah) periode 2021–2026:

Dr. IRWANSYAH, S.HI, MH – KETUA PRODI HTN

Dr. Irwansyah, S.HI, MH lahir di Medang Deras Kab. Asahan, 11 Oktober 1980. Irwansyah adalah dosen inti Hukum Tata Negara dan Politik Hukum di Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Beliau pernah menalani Pendidikan D.1 Computer dan Bahasa Inggris Potensi Utama Medan (2002-2003), memperoleh gelar Sarjana Hukum Islam dari Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara (2000-2004) yang saat ini menjadi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Program Magister Ilmu Hukum di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (2005-2007) dan Universitas Sumatera Utara (2009-2011), dan Program Doktor dari Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (2018-2021).

Beliau aktif dalam membuat Naskah Akademik dan menjadi Narasumber Pembuatan Naskah Akademik di Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Selain itu beliau juga pernah menjabat sebagai Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan (2013-2017).

SYOFIATY LUBIS, SH, MH – SEKRETARIS PRODI HTN (SIYASAH)

Syofiati Lubis, MH lahir di Sibolga 27 Januari 1974. Syofiati Lubis adalah dosen Hukum Keadvokatan di Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Beliau memperoleh gelar Sarjana Hukum dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara pada tahun 1992, Program Magister Ilmu Hukum di Universitas Muhammadiyah Jakarta tahun 2005. Dan saat ini sedang menjalani Program Doktor di Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Selain menjadi dosen beliau juga aktif di berbagai organisasi kemasyarakatan seperti Majelis Hukum dan HAM Pengurus Wilayah Aisyiah Sumatera Utara sebagai Ketua dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sumatera Utara sebagai Ketua Bidang Perempuan dan Anak.